Jurus Rahasia Diego Simeone Maksimalkan Potensi Pemain Atletico Madrid

Tujuh tahun sudah Atletico Madrid di bawah era kepelatihan Diego Simeone.  Di bawah tangan dingin gaffer asal Argentina, klub ibukota Spanyol itu berhasil menjelma bukan hanya rival abadi sekota Real Madrid, tapi juga sempat meraih trofi La Liga dan dua kali mencapai final Liga Champions. Sayangnya, Simeone memang belum mampu mempersembahkan trofi supremasi tertinggi klub di Eropa.

Selain membangkitkan Atletico menjadi tim elite yang disegani, Simeone juga mmapu membangun kerangka dan pondasi mumpuni. Alhasil, ATM pun konsisten menghuni peringkat 4 besar di setiap musim.

Hingga jornada ke-13, Atletico Madrid duduk di peringkat ketiga papan klasemen sementara La Liga, hanya minus dua poin saja dari Sevilla di puncak.

Dalam sebuah wawancara bersama media asal Perancis, France Football, Diego Simeone mengaku punya style tersendiri agar anak asuhnya mampu mengeluarkan kemampuan terbaik, walau disertai risiko hengkang.

“Saya percaya, pesepakbola membutuhkan pelatihan yang kami berikan. Rasa hormat ada pada hal tersebut, bukan soal berdebat perihal jatah bermain,” kata Simeone.

Musim ini Atletico sempat mandeg dan tersandung di La Liga. Agaknya hengkangnya beberapa pemain sedikit mempengaruhi gaya permainan timnya. Namun sang pealtih tak gusar dan tetap pada misinya.
“Tugas saya, membawa para pemain pada batas mereka, untuk memprovokasi mereka, membuat mereka kesal pada saya. Sebab dalam kekhawatiran (jarang dimainkan) akan muncul keinginan untuk lebih baik lagi,” tambahnya.

“Ambisi saya bekerja demi perkembangan para pemain. Rasa antusiasme saya ada pada hal tersebut, pada tantangan yang diberikan kepada saya. Kenyataannya, tugas seorang pelatih hanya melatih saja, bukan soal taktik semata, tapi juga pada hal-hal emosional,” pungkas Simeone.

Simeone sempat disebut-sebut bakal merapat ke Inter Milan. Gosip tersebut memang belum terbukti walau Diego Simeone sendiri sempat membuka pintu hijrah ke San Siro.

Untuk memastikan masa depan sang pelatih, Atletico Madrid sampai-sampai pernah mengirimkan wakilnya terbang ke Argentina untuk menegosiasikan ulang kontrak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *